Kisah Rick Allen, Penabuh Drum Satu Tangan Dari Def Leppard

16.31

Kisah Rick Allen, Penabuh Drum Satu Tangan Dari Def Leppard

Rick Allen
Ia tidak memiliki tangan kiri

Whatever you do, i'll be two steps behind you
Wherever you go, and i'll be there to remind you
That only takes a minute of you precious time
To turn around and i'll be two steps behind 

 

Rick Allen, Kebanggaan Def Leppard

Def Leppard
Bagi para pecinta classic slow rock, mungkin potongan lagu tersebut sudah tidak asing lagi di telinga anda. Yup, potongan lagu tersebut merupakan penggalan dari lagu Two Steps Behind yang sempat melejitkan nama band Def Leppard.
Sedangkan ketika kita berbicara mengenai Def Leppard, maka kita tidak akan pernah terlepas dari salah satu personel band tersebut yang bernama Rick Allen.
Apa hebatnya Rick Allen?
Hal tersebut bisa jadi karena kemampuannya dalam menabuh stik drum.

Tapi apa yang membedakan Rick Allen dengan penabuh drum lainnya?
Kelebihan Rick adalah ia mampu menabuh drum hanya dengan satu tangannya. Selain itu, harmonisasi dan ritmenya pun teratur dan indah sekali, itulah hal yang membedakan Rick Allen dengan drummer lainnya.

 

Kecelakaan dan Sebuah Awal Baru

Kecelakaan Mobil Rick Allen
Tahun 1984 adalah sebuah tahun yang menjadi tonggak sejarah bagi karir seorang Rick Allen. Sebuah peristiwa mengerikan ketika ia sedang mengendarai mobil pulang ke rumahnya di Shefield, Inggris. Saat itu ia mengalami sebuah musibah kecelakaan. Mobil Chevrolet Corvette yang dikendarainya mengalami kecelakaan sehingga Rick Allen harus dilarikan ke rumah sakit. Malang baginya, karena infeksi yang cukup parah, tangan kirinya pun terpaksa diamputasi.

Menangis adalah hal yang pertama dilakukannya. Itu adalah hal yang sangat wajar sekali.
"Bagaimana saya harus kembali ke Def Leppard tanpa tangan kiri saya?  Kematian karir seorang drummer adalah ketika ia sudah tidak bisa menabuh drum lagi. Apakah saya bisa menabuh drum hanya dengan satu tangan saja?" ucap Rick Allen dengan penuh nada pesimis.

Ketika kehilangan tangan kirinya Rick sempat mengalami frustasi. Dia merasa hidupnya sudah tidak berguna lagi, karena tanpa tangan kirinya, hidup dan karirnya telah berakhir. Kedua tangannya itulah yang membantu Rick terus bermusik.

Dengan kehilangan kedua tangannya, Rick kala itu berpikir karir bermusiknys akan berhenti begitu saja. Pantas jika Rick Allen mengalami frustasi. Rick dihadapkan pada 2 kenyataan terberat dalam hidupnya.
Pertama, kehilangan anggota tubuhnya.
Kedua, Rick Allen merasa tidak akan bisa bermusik kembali.

Dengan keadaan yang membuatnya begitu terpukul, Rick kemudian mencari jalan untuk membebaskan dirinya dari rasa sakit dan frustasi tersebut. Dalam kondisi yang demikian, pilihan Rick untuk mengurangi frustasinya pun menjatuhkan Rick pada pilihan yang salah. Rick Allen benar-benar frustasi berat sehingga ia menjerumuskan dirinya ke alkohol. Sesuatu yang bisa membuatnya tenang untuk sememntara.

Tak berapa lama, Rick menyadari bahwa alkohol bukanlah jalan penyelesaian masalah yang terbaik. Rick Allen pun mengikuti pencerahan spiritual yang mampu memberikan hal yang positif baginya. Dengan pencerahan spiritual ini diharapkan Rick bisa membantunya untuk menerima kenyataan hidup.

Pencerahan spiritual yang diikuti Rick benar-benar dapat mengubah hidupnya. Dengan kegigihannya serta semangat untuk hidup lebih baik lagi, semakin hari ia semakin sadar bahwa ketidaksempurnaan atau cacat tubuh pasti tidak diinginkan oleh semua orang.

Rick Allen menyadari bahwa di dunia ini tidak ada makhluk yang sempurna, karena Tuhanlah yang berkehendak. Walaupun semua menginginkan hidup normal tetapi jika Tuhan sudah berkehendak maka kita tinggal menerimanya dan berusaha untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Karena jika Tuhan sudah berkehendak kita juga tidak bisa menghindar atau memilih pilihan yang terbaik untuk kita. Rick Allen pun semakin hari semakin menerima kekirangan yang ada pada dirinya.

"Kita hanya bisa mensyukuri atas apa yang diberikan oleh Tuhan sebab ketidaksempurnaan bukanlah musuh kita serta kekurangan fisik bukanlah suatu kejahatan yang perlu ditakuti. Dengan kekurangan yang kita miliki seharusnya kita harus bisa lebih membuktikan kepada dunia bahwa orang yang mempunyai kekurangan fisik atau pun apapun itu bisa tetap melakukan kegiatan atau hal-hal yang bisa dilakukan oleh orang yang sempurna." ucap Rick Allen yang sudah bisa menerima takdir hidupnya.

Rick Allen menyadari, kehilangan tangan sudah merupakan takdir yang yang harus ia jalani. Rick pun mulai menata hidupnya kembali, perlahan-lahan namun pasti. Rick Allen kembali dapat berharap dan mempunyai pengharapan. Ia berharap, kehilangan tangan tidak membuat dirinya berputus asa. Rick tetap berharap, hidupnya akan kembali bahagia seperti sebelumnya.

Rick Allen juga pernah melakukan penyambungan pada tangannya yang pada akhirnya terkena infeksi. Kemudian dokter pun memutuskan untuk melakukan penghapusan secara permanen. untungnya Rick tidak sendiri, Rick Allen mendapat dukungan dari teman-temannya serta orang tuanya.


Young Rick Allen
Rekan sesama bandnya pun tak pernah berhenti mengobarkan semangat Rick Allen. Sedikit demi sedikit, Rick Allen pun mulai bangkit.
"Menjadi drummer adalah keinginan saya. Sebuah kebanggaan karena saya bisa diterima di sebuah band legenda, Def Leppard. Saya akan merasa bersalah, bila membuat Def Leppard berhenti hanya karena rasa pesimis saya." Ungkap Rick Allen.
Akhirnya Rick Allen kembali bermain drum bersama Def Leppard pada tahun 1986. Mereka segera membuat album berikutnya yang bertajuk Hysteria.

Apa yang telah dilakukan oleh rekan-rekannya di Def Leppard sehingga Rick Allen bersedia bergabung lagi dengan grup band Def Leppard?  Jawabannya adalah dengan modifikasi drum. Mereka sengaja merancang drum khusus untuk Rick agar dirinya dapat kembali bermusik. Kecintaannya pada drum telah mengembalikan semangatnya. Rick Allen pun kembali berkarir. Hingga sampai saat ini, Rick Allen masih bisa memainkan drum yang dirancang khusus untuknya bahkan membawa nama baik band Def Leppard.

Raven Drum Foundation

Raven Drum Foundation
Rick Allen menjadikan pengalaman hidupnya sebagai pelajaran yang sangat berharga bagi dirinya. Rick sangat menyadari, bahwa dia tidak sendiri. Rick masih mempunyai keluarga yang mengasihinya, dan teman-teman yang tidak pernah putus memberi dukungan pada Rick.

Tanpa ada teman-teman dan keluarga di sisinya dia tidak akan bisa menjadi seperti sekarang. Teman-teman dan juga keluarga Rick yang kembali menjadikan Rick Allen bersinar dengan drumnya. Menjadi Rick Allen yang terkenal di seluruh dunia dengan segala karya-karyanya yang ia hasilkan tanpa tangan kirinya. Para penggemarnya pun tidak pernah menyangka bahwa kejadian yang dialami Rick Allen, akhirnya dapat membawa Rick menjadi seperti sekarang.

Tetapi Rick tidak merasa sormbong dengan apa yang telah ia raih. Dia selalu mengucapkan terima kasih bagi para penggemar Rick lewat karya-karyanya. Selain itu Rick bersama istrinya Lauren Monroe juga mendirikan sebuah yayasan yang dikenal dengan nama Yayasan Drum Raven.

Yayasan ini didirikan sebagai ungkapan rasa syukurnya atas segala yang telah ia raih dengan kekurangan fisiknya. Yayasan Drum Raven adalah badan amal yang melayani, mendidik dan memberdayakan para veteran serta orang-orang dalam krisis. Yayasan yang berlokasi di Malibu, California ini membantu individu melalui program kesenian. Karena kesenian dapat dijadikan pacuan dala hidup untuk menjadi manusia yang lebih kreatif walaupun dengan ketidaksempurnaan kita.

Saat ini Rick juga telah mendirikan sebuah perusahaan drum yang dikhususkan merancang drum untuk drummer bertangan satu. Hasil dari penjualan drum ini digunakan untuk membiayai Yayasan Drum Raven. Inilah bentuk rasa terima kasih Rick Allen kepada Tuhan dan para penggemarnya.




Kelemahan dalam diri kita bukan berarti kiamat bagi kehidupan kita. Apa yang Tuhan berikan, itulah yang terbaik. Jangan pernah kita menjadi orang yang tidak ingin bersyukur. Seperti misalnya dengan menghujat ketetapan Tuhan. Tersenyum dan bersyukurlah, karena hari indah pasti akan ada.

Rick Allen telah berhasil menunjukkan ketegaran dan semangatnya untuk memperbaiki hidupnya.
Lalu, bagaimana dengan Anda?

You Might Also Like

0 komentar

:) :D :( :-o @@, :s :wow: 8) :x :P :| ;) :lol: :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :!: :?: :idea: :arrow: :mrgreen: :-d